Monday, February 8, 2010

Klep Bocor dilihat dari Busi

This post about Klep Bocor dilihat dari Busi -
CARA MENGETAHUI KLEP BOCOR
Sudah berkali-kali ganti busi, tapi umurnya nggak pernah panjang. Padahal, settingan karburator sudah standar-dar. Kenapa ya...?

Yang bikin busi cepat mati biasanya adalah karena bensin kelewat boros atau karena overheat akibat minimnya gas bakar. Walaupun karburator sudah disetel standar dan sedemikian rupa, namun busi selalu saja cepat mati.

Kalau ini terjadi, maka kemungkinan besar disebabkan oleh kebocoran di seputar bibir payung klep masuk atau buang. Hal ini mengakibatkan campuran bensin dan udara menjadi tak ideal. keadaan ini yang bikin elektroda busi sulit mematik gas bakar. Hasilnya, motor jadi kehilangan tenaga karena kompresi/tekanan bocor.


Selain itu, kondisi klep masuk dan buang juga biasanya bikin sepeda motor kita sulit dihidupkan. Kalaupun mau hidup, biasanya karburator susah diset normal dan sering timbul suara ledakan di mulut knalpot. Kalau dianalisa, busi mati diakibatkan oleh klep in (masuk) bocor karena ada gas bakar yang tidak terbakar kembali tertekan keluar ke arah mulut karbu di awal starter kemudian malah bikin basah busi, payung klep, dan komponen sekitarnya (bensin banjir).

Kebalikannya kalau yang bocor di klep out(keluar), kebocoran kompresi bikin mesin cepat panas hingga overheat dan biasanya diikuti oleh timbulnya ledakan-ledakan di moncong knalpot.

Bagaimana cara untuk mengenali kalau klep bocor?

Yang paling mudah adalah, kita bisa liat dari kondisi elektroda busi. Ciri-cirinya, kalau elektroda busi terlihat hitam basah dan bau bensin walaupun karburator sudah disetel sedemikian rupa, maka kemungkinan klep in bocor. Kalau elektroda busi terlihat kering dan berwarna keputihan serta panas mesin sangat tinggi padahal belum lama dihidupkan maka kemungkinan klep out bocor.

Bagaimana, gampang kan?

Do you want to share?

Do you like this story?


YOU MIGHT ALSO LIKE

No comments:

Post a Comment