Thursday, March 11, 2010

Ketahui Kondisi Mesin Motor dari Busi

This post about Ketahui Kondisi Mesin Motor dari Busi -
Cara mengetahui kondisi mesin melalui busi.
Cara mudah untuk mengetahui kondisi mesin sepeda motor 4 tak salah satunya adalah bisa dilihat dari busi. Bisa dibilang keadaan busi mencerminkan kondisi mesin sepeda motor kita. Caranya, cukup buka busi pakai kunci busi kemudian amati saja.

Ciri-ciri pada motor 4 tak jika pembakaran normal, maka hasilnya busi akan berwarna abu-abu merata atau merah bata dari ujung elektroda sampai selongsong busi.

Namun, bagaimana jika kondisi mesin tidak normal? Begini cara mengetahuinya:

  1. Ujung busi terlihat abu-abu muda, menandakan campuran bensin-udara terlalu miskin.
  2. Elektroda gelap/hitam pekat, berarti campuran bensin dan udara terlalu kaya. Kebanyakan dikarenakan settingan karbu kurang baik.
  3. Ujung busi mengkilap, bisa terjadi karena salah memilih tipe busi sehingga ada sisa bensin tidak terbakar. Terjadi karena jarum skep busi nggak pas atau busi kurang dingin.
  4. Ujung busi kena oli basah, kelihatan hitam pekat dan basah dikarenakan oli ikut terbakar saat busi mematik. hal ini menandakan oli mesin ikut terbakar di ruang bakar. Bisa dikarenakan ring piston oblak, bos klep bocor, atau kapasitas oli mesin terlampau banyak. Namun pada motor 2tak biasanya disebabkan karena campuran oli mesin terlampau banyak.
  5. Ujung elektroda tertutup kerak, disebabkan karena kualitas bahan bakar jelek ( terkontaminasi atau campur kotoran), sudut pengapian terlalu maju sampai karena salah busi.
  6. Ujung busi penuh bulu putih, disebabkan karena cairan radiator bocor dan ikut terbakar.
  7. Cacat di ujung busi, kerusakan fisik di busi akibat detonasi(nglitik) seperti ground elektroda tertekuk atau ada goresan di ujung elektroda. Disebabkan karena kualitas bahan bakar jelek atau jarak elektroda (plug gap) terlampau jauh.
  8. Elektroda busi meleleh, disebabkan busi menyala sebelum waktunya (pre-ignition). Diakibatkan kemungkinan karena oktan bensin terlalu rendah, derajat pengapian terlalu maju sampai mesin mengalami overheat.
  9. Ujung elektroda busi rata dengan keramik, berarti memang sudah harus diganti. Elektroda busi berfungsi memercikkan bunga api, sudah pasti lama-kelamaan akan semakin tumpul. Kalau sudah rata dengan keramik berarti jam terbang busi sudah sangat tinggi dan waktunya untuk ganti yang baru.
Kalau sudah tahu penyebabnya, buruan ditangani sebelum tambah nyusahin.

Referensi:
  • MotorPlus edisi 362

Do you want to share?

Do you like this story?


YOU MIGHT ALSO LIKE

No comments:

Post a Comment